Berita Olimpiade Indonesia
KONTINGEN INDONESIA WASPADAI KENDALA NON-TEKNIS
 10 May 2022
Penulis : NOC Team
Indonesia cautious of non-technical factors - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Jakarta – Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono menghimbau kepada seluruh kontingen untuk terus menjaga prokes ketat demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini disampaikan oleh Ferry pagi ini, Selasa (10/5), disela-sela keberangkatannya ke Vietnam di Bandara Soekarno-Hatta.

Ferry mengatakan, bahwa kontingen Indonesia harus mewaspadai adanya permainan-permainan tertentu yang bisa menghambat penampilan Tim Indonesia.

“Kita ingin anak-anak tetap fokus, mengingat disana sekarang sudah mulai ramai, dan ada beberapa indikasi-indikasi permainan tertentu yang mungkin harus kita waspadai kaitannya dengan hasil tes antigen, dimana ada beberapa atlet kita yang agak dirugikan, namun kita langsung melakukan tes ulang dan ternyata hasilnya negative,” jelas Ferry.

Ini terkait dengan kejadian sebelumnya, dimana atlet Kickboxing Indonesia mendapatkan hasil positif ketika melakukan tes PCR di Hanoi, Vietnam.

“Rencananya kita akan mengawal semua proses-proses pengambilan sampel tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tambahnya.

CdM yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia ini menyerahkan sepenuhnya proses berkompetisi kepada para atlet, yang bisa dilakukan untuk membantu mereka adalah dengan menjaga hal-hal teknis diluar arena yang terkait dengan jalannya kompetisi

Misalnya pada cabang e-sport, bahwa kualitas jaringan yang digunakan akan sangat berpengaruh kepada performa para atlet, karena itulah kualitas jaringan harus terus diperhatikan nantinya.

“Biarkan anak-anak ini bermain. Memang mereka punya target -target tertentu, tapi kita tahu bahwa kita juga harus menjaga, karena permainan e-sport ini juga ada hal-hal yang harus diwaspadai, seperti hanya dengan sepersekian dikit saja jaringannya terganggu, akan sangat mempengaruhi atlet kita,” jelasnya lagi.

Ferry bertolak ke Vietnam pada pagi ini bersama rombongan besar berjumlah 117 orang yang terdiri dari cabor Voli (17), Canoe (34), E-sport (17) dan juga bersamaan dengan Tim CdM yang bertugas. Rombongan terbesar ini dilepas oleh Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Selain 3 cabor diatas, cabor Balap Sepeda (MTB), Wushu, serta Basket 3x3 dan Gymnastic juga diberangkatkan pada hari ini dengan jadwal yang berbeda.

SEA Games Vietnam akan dibuka pada 12 Mei dan berlangsung hingga tanggal 23 Mei. Kontingen Indonesia yang berkekuatan 499 atlet serta 214 ofisial ini didukung oleh official partners Wall’s dan Li-Ning akan berpartisipasi di 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.